Rahim Kering Pemicu Sulit Hamil

Gratis Ongkos Kirim Obat Apa Saja 

Temukan Disini

rahim-kering-dan-solusi-mengatasinya-300x200 

Sebagian wanita ada yang merasa kurang beruntung karena tidak bisa segera hamil setelah menikah. Banyak sekali alasan yang melatarbelakangi ketidaksuburan pada seorang wanita. Salah satu alasan yang sering disebut-sebut adalah kondisi rahim yang kering. Benarkah kondisi rahim kering kering ini menjadi salahsatu penyebab sulit hamil?

Masalah rahim kering juga sering dikaitkan dengan penggunaan hormon KB. Contohnya jika anda memakai KB hormon yang mempunyai kandungan hormon sintetik atau buatan. Hormon sintetik itu berfungsi untuk menghambat proses pengeluaran sel telur dari indung telur ke Ovarium, Hal ini mengakibatkan lendir di depan mulut rahim sangat kental sehingga menutup sperma untuk masuk membuahi sel telur, hal ini juga berpengaruh pada lambatnya proses pemindahan sel telur ke saluran indung telur.

Menurut Julianto Witjaksono, dokter obat spesialis obstetri dan ginekologi, Siloam Hospitals Kebon jeruk, Jakarta, Rahim kering kemungkinan hanya dijadikan sebagai kiasan untuk menggambarkan kondisi rahim yang tidak subur atau infertilitas. Baca Juga Obat Maag Kronis

Gangguan Rahim yang dikenal dalam dunia Kedokteran :

  1. Ketidakseimbangan Hormon

    Hormon mempengaruhi kesuburan wanita, diantaranya adalah hormon gonadotropin hipofisis (FSH, LH dan Prolaktin) dan hormon steroid ovarium (Esterogen,Progesteron, dan Testosteron). Hormon-hormon tersebut dapat mempengaruhi produksi sel telur. Wanita harus memiliki hormon Estradiol dan Progesteron dalam jumlah yang cukup.

  2. Infeksi pada Leher Rahim

    Infeksi pada leher rahim atau serviks dapat mengganggu jalannnya sperma menuju indung telur. Kontaminasi infeksi pada sel sperma menyebabkan penurunan kemampuan pembuahan sel telur oleh sel sperma. Infeksi leher rahim biasanya menimbulkan keputihan yang berwarna hijau, kuning, atau putih kental, keruh dan berbau.

  3. Gangguan Otot Rahim

    Mioma merupakan kelainan otot rahim yang menyebabkan infertilitas. Biasnya hal ini ditandai dengan keluarnya darah haid dalam jumlah banyak dan bergumpal-gumpal. Kelainan lainnya yaitu ditemukannya sisipan selaput lendir rahim diantara otot rahim, dan menimbulkan pendarahan dan kekakuan otot rahim setiap terjadi haid yang bisa menimbulkan rasa sakit haid yang sangat hebat.

  4. Gangguan Endometrium

    Endometrium atau selaput dinding rahim merupakan tempat embrio melekat. Apabila sel telur telah dibuahi oleh sperma maka akan menghasilkan embrio yang melekat di endometrium ini. Apabila kondisi Endometrium ini tidak baik, maka embrio tidak akan melekat dan tumbuh berkembang dengan baik. Gangguan Endometrium biasanya akan membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan sekaligus menjadi penyebab utama kegagalan berbagai program kehamilan.

  5. Gangguan pafa Tuba Falopi

    Tuba Falopi merupakan saluran penghubung antara ovarium denagnrahim. Tuba Falopi menjadi saluaran tempat bertemunya sel telur dengan sperma. Bila terdapat gangguan, maka proses pertemuan sperma dan sel telur tidak dapat berjalan dengan lancar. Gangguan pada Tuba Falopi biasanya berupa peradangan atau infeksi sehingga menyebabkan terjadinya penyempitan, pengerasan, atau penyumbatan saluran Tuba Falopi.

  6. Gangguan Ovarium

    Ovarium atau indung telur yang tidak dalam kondisi baik tidak akan menghasilkan sel telur yang baik juga. Sel telur normal pada hari subur berdiameter 18-22mm. Pada pemeriksaan USG kelainan ovarium akan berbentuk banyak folikel kecil yang tidak dapat berkembang, dan dikenal sebagai PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome), atau kista berukuran (>3cm) seperti kista endometriosis (berisi darah haid), dan kista teratoma (berisi rambut, tulang, gigi, dan kelenjar).

  7. Gangguan Peritoneum

    Peritoneum atau lapisan pembungkus perut bagian dalam dapat memberikan kontribusi terjadinya kesulitan kehamilan. Gangguan ini bisa berupa sebaran bercak Endrometriosis, terutama pada Peritoneum sekitar rongga panggul. Gangguan-gangguan ini sangat mungkin menjadi penyebab kesulitan hamil. Gejala yang sering timbul pada gangguan Peritoneum bisa berupa rasa nyeri saat berhubungan intim.

Agar tidak mengalami ketujuh gangguan diatas, sebaiknya hindari faktor resiko yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. Bukan hanya sekedar mempercayai mitos seputar rahim kering dan tidak terbukti kebenarannya. Penyebab terbesar yang sebaiknya dihindari adalah gaya hidup yang tidak sehat. “Banyak kasus ketidaksuburan yang disebabkan oleh gaya hidup seperti merokok, konsumsi makanan cepat saji, kurang istirahat, hubungan ekstra marital, hingga gaya hidup yang menyebabkan kegemukan,” ungkap Julianto.

Jika anda dan suami kesulitan untuk memiliki anak, sebaiknya kalian melakukan pemeriksaan lengkap ke dokter kandungan subspesialis fertilitis. Karena 40% kesulitan hamil disebabkan oleh faktor dari istri, 40% dari faktor suami, 10% dari faktor gabungan, sedangkan 10% nya belum diketahui. Namun melakukan pemeriksaan lengkap ke dokter spesialis itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. kami sebagai Distributor Resmi Obat Herbal memberikana solusi lain bagi anda.

 Rekomendasi Produk

Kami merekomendasikan salah satu produk unggulan kami yaitu Ovary Nutrition (Wanita) untuk membantu mengatasi masalah kesuburan anda. Ovary Nutrition ini akan bekerja untuk melancarkan kembali proses pengeluaran sperma ke dalam sel telur yang terhambat. Untuk lebih jelasnya silahkan klik untuk Cara Mengatasi Rahim Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *