Cara Membersihkan Rahim Setelah Keguguran

C

Keguguran memang menjadi suatu kondisi yang sangat menyedihkan bagi wanita. Namun jika hal tersebut menimpa Anda, Anda harus pastikan bahwa Anda tidak terpuruk dengan kondisi tersebut.

Yang paling penting selalu jaga kesehatan Anda dan kesehatan rahim Anda agar selepas keguguran, potensi hamil lagi itu ada. Anda juga harus berusaha membersihkan rahim setelah keguguran karena hal ini sangat penting dilakukan agar rahim kembali steril pasca keguguran.

Lantas, bagaimana cara membersihkan rahim setelah keguguran yang bisa dilakukan? Disini kami akan berikan informasinya untuk Anda!

Cara Membersihkan Rahim Setelah Keguguran 

Kuretase

Cara membersihkan rahim setelah keguguran yang pertama dan menjadi cara yang paling dianjurkan untuk membersihkan janin dan sisanya didalam rahim secara menyeluruh adalah kuretase. Proses kuretase sendiri wajib dilakukan utamanya bagi keguguran yang terjadi sebelum usia janin masuk usia 10 minggu.

Mengapa?

Hal ini terjadi karena kondisi keguguran yang terjadi pada usia kehamilan sebelum 10 minggu mengakibatkan janin dan sisanya tak bisa keluar sendiri dari dalam rahim. Sisa jaringan janin masih banyak tertahan didalam rahim ibu hamil karena tak dapat keluar dengan sendirinya. Karena itu proses kuretase sangat dianjurkan.

Tindakan yang membantu proses medis

Beberapa upaya untuk membantu percepatan proses penyembuhan pasca keguguran diantaranya seperti memberikan waktu istirahat secara lebih bagi tubuh, menjaga kebersihan bagian intim kewanitaan, tidak memasukkan apa saja ke dalam mulut vagina dan rahim. Anda yang baru saja keguguran, dilarang juga menggunakan tampon dan obat – obatan yang tidak diberikan dokter.

Membersihkan sisa jaringan dengan air kelapa muda

Setelah proses kuretase, Anda juga dianjurkan mengonsumsi bahan makanan dan minuman yang dapat membantu membersihkan rahim secara menyeluruh pasca keguguran. Salah satunya adalah dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa muda.

Zat elektrolit yang terdapat di air kelapa muda juga tentunya mampu membantu mengembalikan kondisi rahim pada kondisi semula sehingga rahim akan kembali dalam kondisi normal seperti sedia kala.

Selain terdapat kandungan elektrolit, air kelapa muda juga mengandung diuretic yang merupakan suatu zat pensteril alami yang terdapat didalam air kelapa muda.

Dengan mengonsumsi air kelapa tersebut zat diuretic yang terdapat didalam air kelapa dapat menghilangkan virus yang dapat menjadi penyebab janin meninggal dunia.

Ramuan kunyit asam

Selain air kelapa muda yang kaya kandungan elektrolit, bahan alami lain yang juga dipercaya dapat membersihkan rahim adalah ramuan kunyit asam. Ramuan ini juga merupakan ramuan pelancar haid yang selama ini dikenal secara turun temurun membantu mengatasi nyeri dan melancarkan haid selama siklus menstruasi.

Anda yang mengalami menstruasi tidak normal atau tidak kunjung menstruasi, bisa mencoba mengonsumsi ramuan ini. Bagi Anda yang mengalami keguguran, dianjurkan mengonsumsi ramuan kunyit ini setiap hari di pagi hari dan sebelum tidur.

Ramuan godokan daun sirih

Seperti yang selama ini kita tahu bahwa daun sirih merupakan dedaunan yang berfungsi menjaga organ intim wanita dari bau tak sedap. Nah, selain dapat menjaga organ intim wanita dari bau tak sedap, daun sirih yang direbus juga berfungsi untuk membantu mengatasi keputihan dan melancarkan keluarnya jaringan janin didalam rahim pasca keguguran.

Untuk membersihkan rahim pasca keguguran, Anda rebus daun sirih muda, kemudian ambil airnya dan saring. Kemudian air godokan sirih tersebut Anda campur dengan madu dan minum secara teratur sekali sehari.

Anda yang ingin membersihkan rahim pasca keguguran bisa mencoba cara diatas. Semoga rahim Anda segera kembali bersih dan normal.

About the author

Pagar Sehat

Add comment

Your sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.