Cara Mengobati Benjolan di Leher Sebelah Kanan

C

Pernahkah Anda mengalami kondisi terdapat benjolan di leher sebelah kanan?

Bagi Anda yang mengalami kondisi dimana terdapat benjolan di leher sebelah kanan, maka Anda harus tahu solusinya sedari sekarang. Jangan didiamkan. Namun sebenarnya apa sih penyebab terjadinya benjolan di leher sebelah kanan?

Anda harus tahu bahwa tidak semua benjolan di leher sebelah kanan menandakan penyakit yang serius. Ada benjolan yang berbahaya, namun ada juga benjolan di leher sebelah kanan yang sebenarnya terjadi karena pembengkakan biasa pada kelenjar getah bening.

Jika Anda mengalaminya, ada beberapa cara mengobati benjolan di leher sebelah kanan yang bisa dilakukan. Informasi selengkapnya bisa Anda simak dalam uraian berikut ini!

Cara Mengobati Benjolan di Leher Sebelah Kanan

Pengobatan tradisional

Pada kasus pembengkakan kelenjar getah bening biasa yang mengakibatkan terjadinya benjolan di leher sebelah kanan, Anda bisa obati dengan pengobatan tradisional terlebih dahulu. Ada beberapa bahan alami di alam yang dapat dijadikan sebagai ramuan untuk pengobatan kelenjar getah bening seperti contohnya adalah daun kumis kucing, ekstrak teripang atau beberapa herbal lainnya.

Pengobatan dengan obat

Selain pengobatan tradisional, Anda juga bisa mengobati benjolan di leher sebelah kanan dengan obat. Namun pastikan jangan konsumsi obat sembarangan. Konsultasikan dulu apa obat yang tepat dengan dokter sesuai diagnosa yang diberikan. Sehingga dengan begitu Anda tidak akan salah pilih obat untuk penyembuhan Anda.

Terapi radiasi

Jika benjolan di leher sebelah kanan kemudian memberikan indikasi serius dan ada potensi kanker, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi radiasi. Terapi radiasi ini merupakan sebuah cara mengobati benjolan di leher sebelah kanan yang berpotensi kanker dengan menggunakan sinar-X yang cenderung kuat.

Terapi radiasi yang dilakukan juga sekaligus dapat membantu mengecilkan ukuran sel kanker agar tidak menyebar dan melindungi sel yang masih sehat atau belum terkontaminasi kanker agar jaringannya tidak mengalami kerusakan.

Operasi

Jika benjolan di leher sebelah kanan adalah benjolan akibat tumor, pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak wajar atau justru mengindikasi adanya kanker dan ukurannya terlanjur besar dan terasa sakit, maka operasi adalah jalan yang selanjutnya akan ditempuh.

Operasi tersebut selain bertujuan untuk mengangkat benjolan tersebut juga memulihkan fungsi menelan dan berbicara yang terhambat akibat terjadinya pembesaran benjolan. Pada kondisi tertentu, operasi plastik atau terapi wicara mungkin memang diperlukan untuk mengoptimalkan kondisi penderita pasca operasi dilakukan.

Bagi Anda yang mengalami benjolan di leher sebelah kanan baiknya jangan Anda anggap remeh. Konsultasikan kondisi Anda dengan dokter yang terpercaya dan pastikan bahwa Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

Biasanya dokter akan memeriksa kondisi benjolan tersebut apakah berbahaya atau tidak. Kemudian dokter akan memberikan solusi pengobatan apakah kondisi tersebut bisa diobati secara tradisional atau dengan obat, atau malah justru harus dioperasi.

About the author

Pagar Sehat

Add comment

Your sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.