Isi Laporan Praktikum Biokimia Karbohidrat

I

Karbohidrat merupakan senyawa lemak dan juga protein yang sangat bermanfaat dalam kehidupan di bumi. Karbohidrat merupakan bahan makanan paling penting dalam sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan juga hewan. Tak hanya itu, karbohidrat juga menjadi komponen dan juga struktur yang sangat penting pada setiap makhluk hidup dalam bentuk serat atau fiber. Karbohidrat juga menyediakan kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sakarida atau yang lebih dikenal dengan karbohidrat ini merupakan segolongan besar dari senyawa organik yang tersusun hanya dari atom ataupun karbon hydrogen. Karbohidrat juga digolongkan kedalam 3 golongan yaitu monoskarida, oliskarida, dan juga poliskarida.

Karena banyaknya jenis yang dimiliki ini, membuat pengetahuan dasar tentang sifat fisik kimia dari karbohidrat sangat penting untuk diketahui. Laporan praktikum biokimia karbohidrat ini dibuat bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai macam jenis karbohidrat yang terdapat di dalam tanaman ataupun buah-buahan.

Isi Laporan Praktikum Biokimia Karbohidrat

Lihat kaidah umum praktikum di pedoman teks laporan percobaan

Biasanya isi praktikum laporan biokimia karbohidrat ini berisi tentang pembahasan dari jenis-jenis karbohidrat. Sakarida atau karbohidrat adalah sekumpulan besar senyawa organik yang terdiri hanya dari atom karbon, hidrogen, dan juga oksigen. Bentuk dari molekul karbohidrat paling sederhana ini terdiri dari satu molekul yang sederhana. Terdapat tiga golongan utama yang terdapat dalam karbohidrat yaitu monoskarida, oligosakarida, dan juga polisakarida.

Di dunia hayati, kita bisa kenal beragam tipe karbohidrat, baik yang berfungsi sebagai pembangun struktur maupun berperan fungsional dalam sebuah proses metabolisme. kita dapat dengan mudah mengenali berbagai macam jenis karbohidrat baik yang berfungsi sebagai pembangun struktur ataupun yang berperan fungsional dalam proses metabolisme.

Aneka uji sudah dikembangkan guna menganalisis kualitatif ataupun kuantitatif terhadap keberadaan karbohidrat. Mulai dari membedakan jenis-jenis karbohidrat hingga membedakan karbohidrat secara spesifik. Karbohidrat sangatlah penting pada kehidupan manusia dan juga hewan tingkat tinggi lainnya yaitu merupakan sumber kalori yang paling utama.

Fungsi Biologi Karbohidrat

Karbohidrat juga mempunyai fungsi biologi lain yang tak kalah penting bagi beberapa makhluk hidup tingkat rendah. Penggunaan ragi misalnya akan mengubah karbohidrat menjadi alkohol dan juga karbon dioksida untuk dapat menghasilkan energi. Karbohidrat merupakan senyawa lemak dan juga protein yang memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan di bumi.

Umumnya makanan akan mengandung tiga unsur yaitu karbohidrat, lemak, dan juga protein. Dari ketiga unsur tersebut yang merupakan sumber energi yang paling penting adalah karbohidrat. Peran utama dalam karbohidrat dalam tubuh adalah menyediakan glukosa bagi sel-sel dalam tubuh. Peran utama karbohidrat dalam tubuh adalah untuk menyediakan glukosa bagi sel tubuh yang kemudian akan berubah menjadi energi.

Glukosa merupakan jenis karbohidrat yang terpenting dalam tubuh manusia. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber utama dan juga terpenting bagi tubuh manusia. Karbohidrat dibutuhkan bagi tubuh sebagai sumber utama tenaga untuk bergerak, membentuk glukosa otot sebagai energi cadangan tubuh dan juga untuk membentuk protein dan juga lemak.

Dalam karbohidrat dikenal beberapa pengujian untuk dapat menentukan kandungan yang terdapat dalam karbohidrat. Salah satunya adalah test molisch. Test ini dapat dilakukan untuk menentukan adanya kandungan karbohidrat dan juga glukosa di dalamnya.

Larutan yang bereaksi positif akan memberikan cincin yang berwarna ungu ketika direaksi dengan lphanaftol dan juga asam sulfat yang pekat. Dapat diperkirakan konsentrasi dari asam sulfat yang pekat ini akan membentuk gula furfural dan juga turunannya kemudian akan dikombinasi dengan alphanaftol untuk membentuk senyawa berwarna.

About the author

Pagar Sehat
By Pagar Sehat

Your sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.