Obat Kebas dan Kesemutan

O

Dalam istilah medis, kesemutan disebut parestesia yang merupakan sensasi mati rasa, kebas atau geli yang terjadi pada seseorang dan kondisi tersebut diimbangi dengan perasaan seperti ada bagian tubuh yang tertusuk jarum tajam.

Kebas dan kesemutan yang dialami seseorang bisa terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang. Nah, untuk kebas dan kesemutan jangka panjang yang dialami seseorang, hal tersebut bisa menjadi sebuah indikasi bahwa orang yang bersangkutan mengalami masalah kesehatan yang serius dan harus segera diatasi.

Bagi Anda yang mengalami kebas dan kesemutan terlalu sering, ada beberapa obat kebas dan kesemutan yang Anda bisa gunakan untuk mengatasinya. Apa sajakah obat kebas dan kesemutan tersebut?

Obat Kebas dan Kesemutan yang Bisa Dimanfaatkan

Kompres bagian yang mengalami kebas dan kesemutan dengan air hangat

Salah satu cara yang banyak dipakai orang untuk mengatasi masalah kebas dan kesemutan adalah dengan mengompres bagian yang mengalami kebas dan kesemutan menggunakan air hangat.

Cara memakainya cukup mudah. Anda celupkan saja handuk bersih ke dalam air hangat. Kemudian kompres bagian tangan yang mengalami mati rasa. Cara ini sangat ampuh untuk mengendurkan otot dan saraf yang kaku ketika Anda mengalami kesemutan.

Memijat area yang kebas dan kesemutan

Ketika area tangan atau kaki Anda mengalami kesemutan dan kebas atau mati rasa, Anda bisa memijatnya. Tindakan memijat ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada bagian yang mengalami kebas dan kesemutan tersebut.

Cara memijatnya adalah menggunakan minyak zaitun atau minyak lainnya dan dilakukan dengan gerakan memutar. Lakukan setidaknya selama 5 menit dan rasakan hasilnya.

Kunyit sebagai ramuan pijat

Kunyit merupakan bahan alami yang mengandung senyawa curcumin. Senyawa curcumin ini merupakan senyawa didalam kunyit yang mampu membantu untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kunyit juga memiliki kandungan lain yang bersifat sebagai anti inflamasi sehingga akan membantu mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman di daerah tangan yang mengalami kesemutan.

Cara memanfaatkan kunyit untuk mengatasi kebas dan kesemutan adalah dengan membuat pasta kunyit dicampur susu. Kemudian oleskan di area yang kebas dan kesemutan dengan memijatnya memutar.

Kayu manis sebagai ramuan pijat

Kayu manis merupakan ramuan yang didalamnya banyak mengandung bahan kimia dan nutrisi termasuk mengandung kalium dan mangan.

Juga terdapat kandungan vitamin B yang cukup penting didalam kayu manis. Anda bisa ambil dua sampai dengan empat gram bubuk kayu manis yang dituangkan ke dalam air hangat. Konsumsi di waktu Anda mengalami kesemutan. Cara ini merupakan cara alami yang sangat baik dalam membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Itulah berbagai cara mengatasi kebas dan kesemutan yang Anda bisa terapkan. Selamat mencoba dan lakukan secara rutin cara alami tersebut untuk mengatasi kebas atau kesemutan yang Anda rasakan.

About the author

Pagar Sehat

Add comment

Your sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.